May 03, 2013

Negara Skotlandia Gratiskan Pendidikan Prasekolah

Anak-anak usia tiga dan empat tahun dapat menikmati pendidikan prasekolah gratis. 
SKOTLANDIA - Rencana untuk meningkatkan pendidikan prasekolah bagi anak-anak diumumkan oleh pemerintah Skotlandia. Rencana yang tertuang dalam RUU Anak-Anak dan Remaja itu akan memberikan anak usia tiga dan empat tahun 600 jam pendidikan dini gratis setiap tahun.

Saat ini, anak-anak usia prasekolah di Skotlandia dapat menikmati pendidikan bebas biaya sebanyak 475 jam per tahun.

Organisasi-organisasi nirlaba dengan fokus kerja meliputi aspek-aspek yang melibatkan anak-anak, remaja dan keluarga akan mendapat kucuran dana sebesar 10 juta poundsterling. Aileen Campbell, menteri urusan anak-anak dan remaja, mengatakan pendanaan itu adalah tambahan dari dana 20 juta poundsterling yang sudah lebih dahulu disisihkan.

Berdasarkan RUU itu, anak-anak berusia dua tahun baik mereka yang diasuh oleh orang tua sendiri mau pun dititipkan akan menerima fasilitas pendidikan gratis yang sama. Proposal itu bertujuan untuk membantu anak-anak dan memudahkan orang tua untuk bekerja atau bersekolah.

Badan amal anak-anak Save the Children menyambut rancangan undang-undang itu tetapi menegaskan masih terdapat banyak hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kondisi anak-anak yang hidup dalam kemiskinan.

Sumber: BBC Indonesia
Editor: Ferlyando Sandala

BAGIKAN KE: