May 08, 2013

Taufiq Kiemas: Kalau Diberi Kesempatan, Anak Muda Pasti Muncul

Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat Taufiq Kiemas. 

JAKARTA - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Taufiq Kiemas percaya tokoh muda akan bermunculan di kancah politik Indonesia selama diberi kesempatan. Ia mengklaim hal tersebut telah dibuktikan di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, partai yang dipimpin istrinya, Megawati Soekarnoputri.

"Kalau diberi kesempatan, anak-anak muda pasti muncul," kata Taufiq, di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (7/5). Politisi senior PDI Perjuangan ini menyampaikan, regenerasi dalam tubuh partai bersifat mutlak dan tak bisa ditahan. Regenerasi juga diperlukan untuk bertahan dan memenangi kerasnya geliat politik nasional.

Atas dasar itu, bakal calon anggota legislatif yang diusung PDI Perjuangan untuk Pemilu 2014 didominasi oleh calon-calon berusia muda. Taufiq mengatakan, 80 persen bacaleg PDI Perjuangan saat ini berasal dari kalangan anak-anak muda.

Taufiq juga menyinggung sejumlah kader muda PDI Perjuangan yang namanya melejit karena memiliki rekam jejak kinerja yang bisa memuaskan masyarakat. Di antara mereka yang dia sebut adalah Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan calon gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. "Kan semuanya (regenerasi) itu harus jalan, kalau lebih terbuka, itu lebih bagus lagi," ujarnya.

Sumber: Kompas
Editor: Ferlyando

BAGIKAN KE: