May 01, 2013

Valentino Rossi Yakin Bisa Sangat Cepat di Jerez

Pebalap Yamaha, Valentino Rossi, usai GP Qatar, Minggu (74/2013), di mana dia menjadi runner-up. 
JEREZ - Valentino Rossi merasa yakin bisa kompetitif pada seri ketiga MotoGP 2013 di Sirkuit Jerez, Spanyol, akhir pekan ini. Optimisme "The Doctor" itu merujuk pada hasil uji coba resmi pramusim.

Dari dua seri yang sudah dilakoni bersama Yamaha, yakni di Qatar dan Austin, Rossi finis di posisi kedua dan keenam. Kedua sirkuit itu tak terlalu cocok dengan pebalap Italia tersebut, yang musim ini kembali menunggang YZR-M1 setelah dua tahun terakhir terpuruk bersama Ducati.

Jerez, yang menjadi seri pembuka rangkaian balapan di daratan Eropa, jelas berbeda. Trek di tanah Spanyol ini merupakan salah satu tempat spesial bagi juara dunia tujuh kali MotoGP tersebut, di mana dia meraih podium pertama di kelas premier sebagai rookie di musim 2000.

Rossi kemudian merebut satu dari tujuh kemenangan di kelas premier pada tahun berikutnya, termasuk sebuah kontroversi di tikungan terakhir ketika menyalip Sete Gibernau pada tahun 2005.

Di Jerez, Rossi sangat menikmati performa terbaiknya dalam uji coba pramusim pada akhir Maret lalu. Dia berada di posisi teratas pada hari kedua, dan secara keseluruhan menempati posisi kedua, di bawah Cal Crutchlow.

"Jerez akan menjadi balapan yang sangat penting. Saya yakin dan berharap kami bisa sangat cepat seperti yang sudah kami raih saat uji coba," ujar Rossi, Selasa (30/4/2013).

"Kami harus bekerja dengan baik dan memasang target naik podium. Kami masih memiliki sesuatu untuk dikerjakan, terutama untuk pengesetan motor. Akan tetapi, kami memiliki beberapa ide."

Rossi juga mengungkapkan bahwa Yamaha akan bertahan di Jerez untuk uji coba. "Selanjutnya pada hari Senin setelah lomba, kami akan uji coba di sana dan kami akan memiliki kesempatan untuk mencoba hal berbeda."

Seperti halnya Jerez, Rossi menantikan sejumlah event tradisi di Eropa. "Jerez, Le Mans, dan Mugello merupakan sirkuit yang menjadi favorit kami dan di mana kami akan bagus."

Manajer tim Yamaha, Massimo Meregalli, juga yakin bahwa Yamaha bisa memberikan reaksi atas dominasi Honda di Austin. Dia berharap, baik Rossi maupun Jorge Lorenzo bisa meraih hasil terbaik.

Saat ini Rossi menempati posisi keempat klasemen sementara. Dia terpaut 11 poin dari Lorenzo dan rookie MotoGP dari tim Repsol Honda, Marc Marquez, yang sama-sama berada di puncak klasemen. Dalam balapan terakhir di Jerez bersama Yamaha pada 2010, Rossi finis di posisi ketiga.

Sedangkan ketika masih bersama Ducati, hasil terbaik di Jerez adalah finis di posisi kelima pada musim 2011. Itu terjadi setelah dia bersenggolan dengan Casey Stoner ketika sedang merangsek ke depan untuk memperebutkan podium—Stoner tak bisa melanjutkan lomba.

Editor: Ferlyando Sandala

BAGIKAN KE: