June 29, 2013

Pengganti Taufiq Kiemas Dilaksanakan 5 Juli di DPR

Alm. Taufiq Kiemas. 
JAKARTA - Pelantikan Ketua MPR baru akan dilaksanakan awal bulan Juli di gedung DPR, Senayan, Jakarta. Pemilihan pengganti Taufiq Kiemas ini dilakukan dalam jangka waktu 30 sampai 80 hari sesuai dengan peraturan UU no 27/2009 tentang MPR, DPR DPD dan DPRD

"Tanggal 5 Juli itu sudah bisa pengambilan sumpah. Karena masih dalam rentan 30 hari sesuai dengan UU no 27," kata Wakil Ketua MPR Ahmad Farhan Hamid usai berkunjung ke rumah Megawati di Jalan Teuku Umar, Jakarta, Jumat (28/6/2013).

Ahmad mengatakan belum bisa memastikan siapakah yang akan menggantikan posisi Taufiq Kiemas. Pimpinan MPR akan menunggu sejumlah nama dari fraksi untuk diajukan.

"Kita tidak memilih yah, kita hanya menunggu kiriman dari fraksi," ucap Ahmad.

Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Ahmad Basaro mengatakan, masih ada satu minggu bagi PDIP untuk mengumumkan siapa yang akan diajukan sebagai pengganti Taufiq Kiemas.

"Masih ada waktu satu minggu untuk Ibu Ketua memutuskan dan mengumumkan nama-nama tersebut dan sebelum diumumkan Ibu Mega akan mengundang pimpinan fraksi-fraksi dan pimpinan lainnya untuk silaturahmi," kata Ahmad.

Sebelumnya ada empat nama yang sudah muncul dalam nominasi pengganti Taufiq, yakni Sekjen DPP PDIP Tjahjo Kumolo, Ketua Fraksi PDIP Puan Maharani, Wakil Ketua DPR Pramono Anung, dan Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Sidarto Danusubroto.

Namun, satu dari empat nama yang sudah muncul ke media yakni Pramono Anung sudah menyampaikan keengganannya menggantikan posisi yang ditinggalkan Taufiq. Dengan begitu, peluang tinggal ada di tiga nama yakni Tjahjo Kumolo, Sidarto Danusubroto, dan Puan Maharani. Siapa nama yang bakal dipercaya menjabat sebagai Ketua MPR akan ditentukan oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.


Sumber: ndc
Editor: Ferlyando

BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: