July 08, 2013

Wakil Walikota Manado Sidak SKPD dan Pasar Tradisional

Wakil Walikota Manado saat melakukan sidak. 
MANADO - Wakil Walikota Manado, DR (C) Harley AB Mangindaan, SE, MSM, Senin (08/7/2013) melakukan inspeksi mendadak (sidak) di beberapa SKPD yang ada dilingkungan Pemerintah Kota Manado Menggunakan kendaraan beroda dua, kedatangan Wakil Walikota sontak membuat kaget para staf Dinas Pendapatan Kota Manado di kantor pelayaan masyarakat.

"Kedatangan saya untuk memastikan apakah pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan dengan baik atau tidak,” ujar Wawali yang turut memantau apel pagi dilingkungan Dispenda tersebut.

Dalam kesempatan itu Wawali, menegaskan, bagi siapa saja yang tidak berada di tempat pada waktu jam kerja agar diberi teguran.
“Pegawai yang tidak hadir harus diberikan teguran. Ini semangat Pemerintah Kota di tahun 2013 dengan ‘program brenti jo melanggar aturan’. Sebab masyarakat sudah sangat kritis menilai pelayanan yang kita lakukan,” tegas Wawali.

Usai sidak di Dispenda Manado, Wawali melanjutkan kunjungan ke Dinas Koperasi dan UKM serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Manado. Setelah selesai melakukan sidak di sejumlah SKPD, Wawali melakukan sidak harga dan kebutuhan pokok di Pasar Bersehati. Kunjungan  ini dimaksudkan untuk memantau perkembangan harga dan memastikan ketersediaan bahan pangan pokok  terkait dengan keputusan Pemerintah melakukan penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada 21 Juni 2013 lalu.

“Hal ini merupakan komitmen Pemerintah untuk secara intensif memantau perkembangan harga dan pasokan bahan kebutuhan pokok di pasar sehubungan dengan dua momentum penting, yaitu penyesuaian harga BBM serta menjelang bulan puasa dan lebaran 2013 yang semakin dekat,” ujar Wawali.

Berdasarkan hasil pemantauan, harga bahan kebutuhan pokok di Pasar Bersehati yang mengalami kenaikan dibandingkan 21 Juni 2013 (sebelum penyesuaian harga BBM) adalah cabe rawit merah yang cenderung mengalami kenaikan.

Sementara itu, khusus untuk harga daging kambing masih stabil  kurang lebih Rp. 750.000 s/d 1 juta rupiah per ekor. Sedangkan harga daging ayam mengalami kenaikan sekitar 4 ribu rupiah.

Harga beberapa bahan pangan pokok lainnya di Pasar Bersehati seperti gula pasir, tepung terigu, cabe merah keriting, cabe merah biasa, bawang putih dan bawang merah,relatif stabil. Sedangkan untuk beras, minyak goreng curah, dan telur ayam  harganya meningkat antara 5% sampai dengan10%,“Harga bahan pangan pokok di Pasar Bersehati diharapkan tidak akan mengalami kenaikan lagi hingga menjelang lebaran,” urai Wawali.

Menurut Wawali, Pemerintah menyadari akan adanya kenaikan harga  beberapa bahan kebutuhan pokok sebagai dampak dari penyesuaian harga BBM, ditambah lagi dengan adanya kenaikan permintaan masyarakat  menjelang Bulan Puasa dan Lebaran 2013. Namun demikian, pemerintah akan terus mengupayakan agar kenaikan tersebut dapat diminimalisir dengan memastikan ketersediaan pasokan bahan pangan pokok di pasar.

Untuk itu, pemerintah akan terus-menerus bekerja sama dengan para pelaku usaha memenuhi ketersediaan bahan pangan pokok  masyarakat.

Hadir mendampingi Wawali dalam Sidak Pasar tersebut, Bapak Eko dari Bank Indonesia, Kadis Pertanian Kota Manado, Ir. Philips Sondakh, Kadis Perindag Kota Manado, Drs. Fanny Sirang serta tim dari PD. Pasar Manado.

Reporter: Terwin
Editor: Ferlyando

BAGIKAN KE:

0 komentar: