September 24, 2013

Rapat Paripurna DPRD Sulut Dalam Rangka HUT Provinsi Ke - 49 Terlaksana Dengan Baik

Ketua DPRD Sulut bersama Gubernur Sulut dan Wakil Gubernur serta Wakil Ketua DPRD Sulut disaat pembukaan Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka HUT Provinsi Sulawesi Utara ke 45 yang dilaksanakan di Novotel Manado Golf Resort & Convention Center. 

Liputan Khusus.
Lintang: Mewujudkan Cita-Cita Provinsi Sulut Dalam Kebersamaan

Rapat Paripurna Istimewa DPRD provinsi Sulawesi Utara dalam rangka HUT Provinsi Sulut ke-49 digelar Senin (23/09) berjalan dengan baik. Dalam rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sulut Meiva Salindeho-Lintang S Th.

Anggota DPRD Sulut saat hadiri rapat paripurna HUT Provinsi Sulut ke 49. 

Di sambutan Meiva Salindeho-Lintang STh mengucapkan terima-kasih kepada semua pihak termasuk seluruh rakyat rakyat sulut, sehingga cita-cita terbentuknya Provinsi Sulawesi Utara dapat tercapai. Meiva berharap ,momentum HUT Provinsi kali ini dapat lebih mempererat tali persaudaraan, persatuan dan kesatuan.
Gubernur Sulut DR. Sinyo Harry Sarundajang saat bawakan sambutan di Rapat Paripurna DPRD Sulut dalam rangka HUT Sulawesi Utara ke 49. 

“Kami mengucapkan terima-kasih yang setinggi-tingginya kepada hadirin sekalian dan semua pihak khususnya rakyat Sulawesi Utara dari Miangas sampai Pinagoluman, yang telah berjuang bersama-sama untuk mewujudkan cita-cita Provinsi Sulawesi Utara. Kita berharap momentum hari ulang tahun ini dapat menjadikan kita semakin mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, kesatuan dan persatuan antara kita serta terus melakukan introspeksi agar dapat melakukan yang terbaik dikemudian hari bagi daerah ini,” ujar Meiva.

HUT Provinsi Sulawesi Utara ke 49 diwarnai dengan tarian Daerah Sulut di Paripurna DPRD Sulut. 

lanjut dijelaskannya perayaan HUT Provinsi merupakan wujud jerih payah para pemimpin, tokoh masyarakat  dan tokoh pemuda sebagai pelaku sejarah perjuangan bangsa khususnya sejarah Provinsi Sulawesi Utara, juga sebagai tanggung-jawab moral sebagai generasi muda bangsa. Meiva mengajak agar generasi muda tidak pernah meninggalkan sejarah sebagai pegangan kepada generasi yang akan datang dalam meneruskan pembangunan.

Para Anggota DPRD Sulut dan undangan saat menhadiri HUT Provinsi Sulut ke 49. 

“Provinsi Sulut yang menjadi pilot project terhadap kerukunan antar umat beragama yang sejak dulu telah terbina dengan baik, hal ini ditunjukkan dengan pola hidup antar umat beragama yang hidup rukun dan damai dengan semangat torang samua basudara, baku-baku bae deng baku-baku sayang,” tuturnya.

Lintang juga menyampaikan sekilas sejarah penetapan hari ulang tahun Provinsi Sulut yang jatuh pada tanggal 23 September, dimulai pada hari kemerdekaan RI, daerah yang berstatus keresidenan dan merupakan bagian dari Provinsi Sulawesi dengan gubernur Dr GSSJ Samratulangi. Berdasarkan PP nomor 5 tahun 1960, Provinsi Sulawesi dibagi menjadi dua bagian, yaitu Provinsi Sulawesi Selatan Tenggara dan Provinsi Sulawesi Utara Tengah melalui keputusan Presiden RI nom22/M tahun 1960 tanggal 23 Maret 1960.

Pimpinan DPRD Sulut serta suami dan Istri mereka saat foto bersama dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut usai rapat paripurna HUT ke 49 Provinsi Utara. 

“AA Baramuli ditunjuk sebagai Gubernur Sulawesi Utara dan Tengah waktu itu. Disela berbagai tantangan yang dihadapi pemerinah Sulutteng pada waktu itu tercatat suatu peristiwa besar yang tak mungkin dilupakan yaitu pada tanggal 23 September 1964 di saat mana pemerintah RI memberlakukan undang-undang nom3 tahun 1964 yang menetapkan perubahan status daerah tingkat I Sulutteng, undang-undang tersebut menjadikan Sulawesi Utara sebagai daerah otonom tingkat satu,” ujar Meiva yang didampingi beberapa wakil ketua, atas nama pimpinan dan anggota DPRD Sulut, Meiva mengucapkan Dirgahayu Provinsi Sulawesi Utara ke-48. “ Disertai harapan semoga daerah Nyiur Melambai yang kita banggakan ini, semakin jaya dan masyarakatnya semakin sejahtera.”

Rapat parpurna istimewa ini turut dihadiri Gubernur Sulut, Dr Sinyo Harry Sarundajang, Wagub Djouhari Kansil, Sekprov Siswa Rachmat Mokodongan, Forum Koordinasi Pemerintahan Daerah, pejabat pemprov, undangan, anggota DPR-RI Olly Dondokambey, Lucky Korah, para bupati/wakil bupati, walikota/wakil walikota se-Sulut dan undangan umum lainnya.

(Liputan Khusus)

BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: