November 13, 2013

Aparat Desa Boltim Ikuti Pelatihan PMPD

Suasana Pelatihan Aparat Desa Boltim. 
Boltim – Dalam rangka membentuk sumber daya petani yang handal dan mandiri, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar  pelatihan melalui usaha peningkatan kompetensi manajemen agribisnis.

Seperti yang dikatakan Kepala Distanak Boltim Ir. Ramlan Ngiu, pada Selasa (12/11), pelatihan tersebut diselenggarakan di Hotel Senator Kotamobagu, selama dua hari dimulai pada 7-8 November. Kata dia, peserta pelatihan meliputi seluruh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) se Boltim, dan akan mendapatkan pembekalan dari sejumlah narasumber, seperti BP4K serta dinas terkait dalam hal ini Distanak.

“Masing-masing dari Gapoktan mengutus dua pengurus sebagai pesertanya. Kemudian akan mendapatkan pembekalan dari BP4k dan Distanak Boltim,” ujar Ramlan

Dikatakanya pula, tujuan digelarnya pelatihan tersebut untuk melatih para pengurus Gapoktan, agar dapat mengantongi pengetahuan yang berhubungan dengan manajemen agribisnis.

“Selain transfer ilmu pengetahuan, kegiatan tersebut juga dapat memberikan stimulan positif serta pembimbingan langsung manajemen agribisnis terhadap peserta,” kata Ramlan

Ramlan juga menjelaskan, dalam pelaksanaan pelatihan tersebut seluruh personil di Distanak juga ikut digerakkan sebagai narasumber. kata dia, unsur dinas tersebut meliputi Kepala bidang (Kabid) Tanaman Pangan, Kabid Sarana Prasarana, Kabid Peternakan, termasuk pula para kepala seksi (Kasie), yakni Kasie Produksi, Kasie Pemasaran Hasil Ternak, Kasie Penelitian Pengembangan Ternak dan Kesehatan Masyarakat Veteriner.

“Untuk terus meningkatkan sumber daya petani agar lebih berkompeten, nantinya pelatihan akan terus dilakukan setiap tahunnya,” tambah Ramlan.(jm)

BAGIKAN KE:

0 komentar: