November 07, 2013

SHS: Buruh Pasti Menerima Kenaikan UMP Tahun 2014

Gubernur Sulut Sinyo Harry Sarundajang. 
MANADO - Menanggapi tuntutan demo buruh, Rabu (6/11) yang meminta kenaikkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2014 Sulawesi Utara (Sulut) sebesar Rp 3.571.492.

Gubernur Sulut, S.H Sarundajang menganggap tuntutan buruh tersebut tidaklah rasional dan bisa mengancam hengkangnya para investor dari Sulut.

“Tuntutan upah 3,5 Juta sangat tidak rasional, karena para pengusaha yang ada di Sulut bisa lari keluar dan tidak ada lagi investor yang akan berani masuk,” ujar Gubernur usai menghadiri rapat Paripurna di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulut.

Lanjut dikatakan Gubernur, UMP 2014 tetap akan dinaikkan dibandingkan tahun lalu, karena secara rasional pendapatan perkapita Sulut juga meningkat.

“Secara rasional, pendapatan perkapita Sulut ada peningkatan, jadi UMP 2014 akan bertambah naik. Yang pasti sebelum minggu ini berakhir, kita sudah mengumumkan besaran angka UMP yang
akan dinaikkan, dan apa yang sudah kita tetapkan pasti buruh akan menerima,” tandas Gubernur.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulut, Ch. Talumepa membocorkan, kalau UMP 2014 akan mengalami kenaikkan sebesar 20 persen.

“Kemungkinan UMP akan mengalami kenaikkan sebesar 20 persen,” ujarnya singkat.(Red)

BAGIKAN KE:

0 komentar: