January 06, 2014

Massie : Persaingan Menuju Senayan Cukup Ketat

Jerry Massie pengamat politik Sulut.  
Manado - Sejumlah nama Calon Legislatif (Caleg) Dapil Sulawesi Utara khususnya caleg DPR-RI terus bersaing ketat. Mereka diantaranya; Olly Dondokambey, Vanda Sarundajang (PDIP), EE Mangindaan (PD), Yasti Superjo (PAN), Aditya Moha, Victor Mailangkay (Partai Golkar).

Salah satu pengamat dan konsultan politik Sulut Dr. Jerry Massie Ph.D mengatakan bahwa persaingan menuju Senayan agak ketat dibandingakan Pilcaleg lalu. Alasanya nama-nama yang ada saat ini merupakan representatif dari masyarakat. Bahkan mereka sudah punya basis tetap, serta tim pemenangan sudah terbentuk sebelumnya.

“Dari kelima nama Caleg diatas, ada juga nama lain yang sewaktu-waktu bisa saja menyalib caleg dan menjadi bom waktu bagi yang lain. Jika lengah maka bisa saja mereka terlempar dari kerasnya persaingan, nama-nama yang bisa menjadi threat (ancaman) yakni; Victor Mailangkay (Partai Golkar), Henny Wullur, Wenny Warouw (Partai Gerindra), Nico Gara (Partai Nasdem), Lucky Korah, Syeni Watulangkow (Partai Demokrat) sedangkan empat tokoh muda yang tidak kalah mentereng diantaranya; Jackson Kumaat (Partai Demokrat) Audi Lieke (Partai Gerindra), Jerry Sambuaga (Partai Golkar), dan Hendrik Kawilarang (Partai Hanura), mereka bisa saja melejit dan bisa lolos,” kata Massie, Senin (6/1/2014) siang tadi.

Dijelaskan pula tingkat elektabilitas dari nama yang sudah disebut cukup signifikan. Yang pokok menurut Massie caleg harus punya strategy (strategi) finance and cost (dana dan biaya), lobby (lobi) methode (metode), approaching (pendekatan), breakhtrough (terobosan), serta plattform.

Disamping itu caleg yang dikenal, disukai pasti akan dipilih oleh masyarakat. Jadi di Sulut akan terjadi persaingan yang cukup ketat diantara Partai Demokrat, Partai Golkar, PDIP, PAN, Partai Hanura dan Partai Gerindra.

Ditambahkan Massie, dua incumbent Vanda dan Olly cukup kuat dan masih berpotensi ke Senayan, pasalnya Vanda merupakan Ketua Ormas Taruna Merah Putih Sulut, Ketua PARFI DPD Sulut, Kerukunan Keluarga Kawanua (Wakil Bendahara) Bendahara belum lagi ia di dukung oleh ayahanda juga Gubernur Sulut Dr SH Sarundajang, serta Ivan Sarundajang di Minahasa. Sedangkan Olly salah satu tokoh yang fenomenal pasti di dukung oleh Olly Dondokambey Center (ODC) yang ikut menghentar dan memenangkan dirinya pada Pilcaleg lalu. Begitu pula dia didukung oleh beberapa daerah yang merupakan basis PDIP misalkan; Kabupaten Mitra, Minahasa, Bol-Mong, Sangihe, Talaud, Kota-kotamobagu dan lainnya.

Juga Yasti Suprejo yang akan di dukung Bolmong Raya, Mayjen Purn EE Mangindaan bakal tak akan tergusur menggingat beliau memiliki nama besar di Sulut, serta Aditya Moha dan Victor Mailangkay, jelasnya.(Red)

BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: