August 12, 2015

Jokowi Bakal Reshuffle 6 Menteri


JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla membenarkan bahwa Presiden Joko Widodo akan melakukan perombakan Kabinet Kerja. Keputusan reshuffle ini diambil setelah Presiden Jokowi melakukan pertemuan empat mata dengan Kalla, Selasa (11/8/2015) malam, di Istana Negara, Jakarta. (Baca: Usai Pertemuan Empat Mata, Jokowi-JK Putuskan "Reshuffle" 6 Menteri)

Seperti dilansir Kompas, ada 6 menteri yang akan diganti. Kalla mengatakan, para menteri yang direshuffle ada yang merupakan menteri koordinator, menteri, dan pejabat setingkat menteri.

"Di antaranya, ada menteri koordinator, menteri dan pejabat setingkat menteri. Kalau nama-nama tunggu sajalah besok dari Presiden," kata Kalla, saat ditanya siapa saja menteri yang akan diganti.

Selebihnya, Kalla meminta untuk menunggu apa yang akan terjadi pada hari ini, Rabu (12/8/2015).

"Reshuffle kabinet? Hahaha...tunggulah besok (Rabu, 12 Agustus 2015)," kata Kalla, setelah bertemu dengan Presiden Jokowi.

Siapa saja keenam menteri itu, masih menjadi tanda tanya. Sebelum pertemuan empat mata Jokowi-Kalla, berlangsung rapat dengan sejumlah menteri. Terlihat hadir di Istana, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno, Menteri PPN dan Kepala Bappenas Andrinof Chaniago, dan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto.

Seusai rapat, Gobel mengatakan, dalam rapat itu, pemerintah membahas mengenai kebijakan impor sapi yang diberikan kepada Badan Urusan Logistik (Bulog). Kebijakan itu dikeluarkan untuk menekan lonjakan harga daging sapi yang telah menembus Rp 120.000 per kilogram. (Baca: Kebijakan Impor untuk Tekan Lonjakan Harga Daging Sapi)

Isu perombakan kabinet telah berembus sejak pemerintahan Jokowi-Kalla berjalan selama 6 bulan. Sejumlah menteri dianggap tidak menunjukkan performa kinerja yang menjanjikan. Jokowi, dalam sejumlah kesempatan, mengatakan, ia memiliki parameter penilaian tersendiri terhadap kinerja para menterinya di Kabinet Kerja.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Kompas, Selasa malam, pergantian itu akan dilakukan pada hari ini dan langsung dilakukan pelantikan pada pukul 14.00 WIB di Istana Negara, Jakarta.

Sementara, berdasarkan informasi yang dikeluarkan Biro Pers Istana, Presiden Jokowi akan menjalani dua agenda pada hari ini, yaitu pelantikan Gubernur Banten sisa masa jabatan 2012-2017 pada pukul 13.00 WIB; dan menerima delegasi Tahta Suci Vatikan pada pukul 15.30 WIB.

BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: