November 27, 2015

Momongan: Surat Suara Manado Akan di Cetak Ulang

Jessy Momongan Ketua KPU Sulut. 
Manado - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Jessy Momongan Sth MSi pada Jumpa Pers Jumat (27/11) menjelaskan, pihaknya sudah menyepakati akan mencetak ulang surat suara tiga pasangan calon Pilkada Kota Manado. Satu pasangan calon tidak dicetak karena dianggap tidak memenuhi syarat (TMS).

”Jadi tidak ada masalah, sudah ada koordinasi dengan KPU Kota Manado dan akan disesuaikan dengan administrasi keuangan akan dicetak ulang,” kata Momongan.

Tiga pasangan calon yang lolos, yakni pasangan Harley Mangindaan-Jimmy Asiku (Gerindra, Hanura), nomor urut satu. Kemudian pasangan Vecky Lumentut-Mors Bastian (Demokrat) nomor urut tiga, dan Hanny Payow-Tonny Rawung (PDI Perjuangan, Nasdem) nomor urut empat. Sementara pasangan Jimmy Rimba Rogi-Boby Daud (Golkar, PAN) sudah gugur atau TMS.

Momongan mengatakan waktu mencetak surat suara akan dipercepat dan juga penyaluran tidak ada masalah karena hanya dilakukan di 11 kecamatan di Kota Manado. Pemilih di Kota Manado sekitar 350.000 lebih.

Sementara itu, KPU Kota Manado hingga saat ini sudah bekerja normal, meskipun masih ada para pendemo dari pendukung Jimmy Rogi dan Boby Daud.

“Kami optimistis akan berjalan lancar Pilkada Kota Manado,” kata Momongan.

Dia berharap Pilkada Provinsi Sulut yang berlangsung di 15 kabupaten dan kota serta tujuh pilkada di tingkat kabupaten dan kota bisa berjalan lancar.

Sebelumnya, Kapolda Sulut Brigjen Wilmar Marpaung mengtakan, pihaknya setuju kalau surat suara dicetak ulang.
Dikatakan, secara umum Kota Manado dan Sulut aman dan terkendali. Masyarakat yang ingin berdemo tetap diberi kesempatan. Polisi tidak akan menghambat, asal damai dan tidak anarkistis.

"Kalau anarkistis kami akan tindak tegas. Masyarakat yang tidak puas dengan digugurkannya pasangan Jimmy Rogi dan Boby Daud bisa menggugat lewat jalur hukum di PTUN atau lembaga hukum lainnya. Ini mungkin lebih baik,” katanya.(Red)

BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: