January 23, 2016

Sensasi Rasa Nasi Ayam Hainan

Sumber/Chef Chelo. 
Kulineri - Resep yang satu ini sudah tidak asing lagi didunia kuliner,Nasi Ayam Hainan merupakan makanan khas Chinese yang mudah untuk di buat.anda yang hobi memasak harus berani mencoba resep yang satu ini,selain muda  membuatnya  proses masaknya  juga sangat cepat,cocok sekali di masak di rumah dengan kumpulan keluarga tercinta.Nasi Ayam Hainan biasanya di jual di di tempat makan yang bernuansa Chinese.Karena rasanya yang enak dan nikmat,semua orang dari golongan mana saja sudah bisah menikmati makan yang satu ini,biasanya di nikmati oleh orang keturunan Tionghoa.Berikut adalah cara membuat resep Nasi Ayam Hainan.

Resep Nasi Ayam Hainan:
Bahan Proses Ayam:
-Ayam   1 ekor/1000gr-1200gr
-Bawang Putih 3 Siung
-Bawang Bombai 1pcs
-Jahe 2 pcs ukuran Besar
-Daun bawang 3pcs
-5 sendok makan minyak wijen
-2 sendok garam
-1 sendok teh merica bubuk
-1 litter Air
-Mentega secukupnya

Bahan Proses Nasi:
-Bawang  putih 1 siung
-Jahe 1 pcs kecil
-Minyak Wijen 3 sendok Makan
-Beras 500gr
-Mentega secukupnya
-Lemak Ayam 100gr

Bahan Soy Sauce:
-Margarin 1sendok makan
-Bawang putih ½ siung
-Jahe cincang ½ pcs
-Soy sauce 2 sendok makan
-Gula Pasir 1 sendok makan
-Minyak wijen 2 sendok makan
-Daun bawang  1 pcs di cincang
-Cabe Merah 5 pcs
-Cabe rawit 3 pcs
-Saus Tiram 1 sendok teh
-Kaldu ayam Secukupnya
-Maizena Secukupnya
-Garam ½ sendok teh

CARA MEMBUAT:
*pertama –tama  proses pembuatan Nasi Ayam Hainan adalah Mengolah Ayamnya terlebih dahulu.
Tumis bawang putih,bawang bombai dan jahe lebih dulu sampai harum, masukan air di dalamnya,setelah hampir mendidih masukan ayam, daun bawang,minyak wijen,garam dan  di masak dengan api sedang sampai ayamnya benar-benar matang,kemudian ayamnya di angkat dan tiriskan.

*Tips mengolah nasi sebagai berikut-Tumis bawang putih dan jahe sampai harum,setelah itu masukan lemak ayam,minyak wijen dan di aduk sampai matang,kemudian masukan air sesuai takaran dan di tunggu sampai mendidih,masukan perlahan-lahan beras yang sudah dicuci dalam air mendidih,masak dalam api sedang dan diaduk sampai setengah matang kemudian masukan dalam kukusan sampai nasi Hainan matang.

*Tips Soy sauce-Tumis bawang ,jahe,Cabe merah ,cabe rawit kemudian di ulek sampai halus,setelah itu masukan air kaldu ayam yang sudah di campur dengan soy suce,saus tiram dll, di masak hingga mendidih dan air maizena sebagai pengental.
*Tips Saus Jahe-Tumis Bawang dan jahe sampai harum kemudian masukan kaldu ayam Hainan,kecap asin,Cabe ulek atau cabe cincang di dalamnya.

*Nasi ayam Hainan siap untuk di hidangkan untuk 6 orang. (**)

Sumber : Chef Chelo




BAGIKAN KE:

PENULIS :

1 comment:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai wisata kuliner Indonesia. Indonesia yang terdiri dari berbagai daerah yang memiliki ke khasan wisata kulinernya masing-masing. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata indonesia yang bisa anda kunjungi di www.pariwisata.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete