March 17, 2016

Hebat... Unsrat Manado MoU Bersama Wantanas

 Hebat... Unsrat Manado MoU Bersama Wantanas
UNIVERSITAS Sam Ratuluangi (Unsrat) Manado kembali menandatangani MoU, kali ini bersama Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas) Republik Indonesia.

Kegiatan MoU ini juga di rangkaikan dengan Kuliah Umum dengan tema “Optimalisasi Pemanfaatan Sumberdaya Kelautan Dalam Rangka Mewujudkan Ketahanan Nasional” yang dipaparkan langsung oleh Sekertaris Jendral Wantanas RI Letjen. TNI. M. Munir.

Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, MSc, DEA Rektor unsrat dalam sambutannya mengatakan bahwa laut Indonesia memiliki arti yang sangat penting bagi NKRI,sebagai pemersatu bangsa, media perhubungan, media sumber daya, media pertahanan dan keamanan hingga media diplomasi.Perumusan Ketahanan Nasional perlu untuk di tetapkan dan di jalankan secara berwibawa agar mampu menjaga keutuhan NKRI.

“Arah kebijakan pengelolaan wilayah perbatasan memang telah mulai berubah dari arah kebijakan pembangunan yang selama ini cenderung berorientasi inward looking menjadi outward looking. Paradigma outward looking di arahkan pada pengembangan wilayah perbatasan sebagai beranda depan negara yang berfungsi sebagai pintu gerbang semua aktifitas, khususnya ekonomi dan perdagangan dengan negara tetangga,” Tuturnya.

Selanjutnya Sekertaris Jendral Wantanas RI Letjen TNI. M. Munir mengatakan bahwa kunjungan ke Universitas Sam Ratulangi ini untuk melanjutkan kerjasama berupa penandatanganan MoU. Wantanas juga dalam memenuhi tugas dan fungsinya menempuh tiga jalur kerjasama, salah satunya Jalur Akademik.

“Ini merupakan salah satu tugas dan kewajiban dari Wantanas RI untuk menempuh tiga jalur kerjasama ke tiap daerah yang salah satunya merupakan jalur akademik. Saya pribadi sangat senang dengan kunjungan ini, animo anak-anak muda Unsrat sangat baik. Kedepannya saya meminta kepada kader-kader Unsrat ini untuk sama-sama memikirkan serta memberikan solusi terkait masalah-masalah yang dihadapi khususnya masalah keamanan pada bagian perairan,” pungkasnya.

BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: