March 20, 2016

Inilah 5 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa Manchester Derby

PARTAI akbar bertajuk Manchester derby tersaji pada Minggu (20/3/2016). Manchester United bertandang ke markas Manchester City, Etihad Stadium. Berikut 5 pencetak gol sepanjang masa di Manchester derby.

Ini menandai pertemuan ke-170 antara Manchester City dan Manchester United di semua ajang. Berkaca dari rekor pertemuan, MU bisa tertawa lebar. Pasukan Setan Merah merih 70 kemenangan. Adapun, City baru 49 kali menang. 50 partai lainnya berakhir imbang.

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi di ajang Premier League (25/10/2015). Partai yang berlangsung di Stadion Old Trafford itu berakhir imbang tanpa gol.

Namun, performa MU di Manchester derby menurun drastis dalam beberapa musim terakhir. Setan Merah hanya mampu sekali menang dari lima kunjungan terakhirnya ke Etihad Stadium. Setan Merah menjalani empat laga lainnya dengan hasil sekali imbang dan tiga kali kalah.

Manchester City tak bisa diperkuat oleh lima pemainnya pada partai nanti. Kevin De Bruyne, Fabian Deplh, Vincent Kompany, Samir Nasri, dan Nicolas Otamendi absen akibat cedera.

Sementara itu, Manchester United tampil tanpa enam penggawanya. Luke Shaw, Ashley Young, Phil Jones, Wayne Rooney, Will Keane, dan Ander Herrera absen memperkuat Setan Merah karena cedera.

1. Wayne Rooney (Manchester United)

Kapten Manchester United saat ini, Wayne Rooney, tampil sebagai pemain paling subur di Manchester derby. Pemain berkebangsaan Inggris itu total menciptakan 11 gol ke gawang City.

Total, Rooney bermain 28 kali pada partai Manchester derby. Hasilnya, mantan penggawa Everton itu merauh 13 kemenangan, lima kali imbang, dan 10 kali kalah. Roo mencetak dua assist dan mendapat 9 kartu kuning.

2. Joe Hayes (Manchester City)

Pencetak gol terbanyak kedua di Manchester derby datang dari kubu City. Adalah Joe Hayes yang menciptakan 10 gol bagi Manchester City. Sepanjang memperkuat City dari 1953-1965, Hayes total tampil 331 kali dan menciptakan 142 gol.

Hayes menjalani trial bersama City pada tahun 1953 dan memulai debutnya dua bulan kemudian pada partai melawan Tottenham Hotspur. Dia menjadi bomber ganas City pada akhir tahun 50-an dan awal 60-an.

Namun, dia menderita cedera lutut pada bulan September 1963. Cedera itu membuat penampilannya menurun secara signifikan. Dia kemudian dijual ke Barnsley pada tahun 1965.

3. Francis Lee (Manchester City)

Pencetak gol terbanyak ketiga di ajang Manchester derby juga datang dari kubu Manchester City. Dia adalah Francis Henry Lee yang mencetak 10 gol ke gawang MU di sepanjang kariernya.

Lee bergabung bersama Manchester City dari Bolton Wanderers pada tahun 1967. Dia kala itu memecahkan rekor transfer City. Lee bermain bagi Manchester City dari tahun 1967 hingga 1944.

Selama tujuh tahun kariernya berama City, Lee bermain 249 kali dan menciptakan 112 gol. Dia mendapat julukan Lee One Pen karena keahliannya dalam mencetak gol melalui titik penalti.

Lee kemudian hijrah ke Derby County pada tahun 174 dan mengakhiri karier di sana. Pria yang kini berusia 71 tahun itu tampil 62 kali dan mencetak 24 gol selama dua musim memperkuat Derby County.

4. Bobby Charlton (Manchester United)

Bobby Charlton menciptakan sembilan gol selama masa baktinya bersama Manchester United. Sepanjang masa baktinya, pria yang kini bekerja sebagai duta MU itu menciptakan 199 gol dari 606 pertandingan.

Bobby Charlton memutuskan gantung sepatu pada 1 Juli 1979. Dia kemudian bekerja sebagai pelatih Preston North End. Bobby Charlton menjadi anggota dewan Manchester United sejak tahun 1984 hingga sekarang. Hal ini menjadikannya sebagai anggota dewan terlama Setan Merah.

5. Sergio Aguero (Manchester City)

Sergio Aguero menciptakan delapam gol di ajang Manchester derby. Pemain berkebangsaan Argentina itu total tampil delapan kali melawan MU, dengan rincian lima kali menang dan tiga kali kalah.

SAguero bergabung bersama City dari Atletico Madrid pada 28 Juli 2011. Pemain berusia 27 tahun itu tampil 191 kali dan mencetak 126 gol selama lima musim memperkuat Manchester Biru.

Aguero sejauh ini sukses mempersembahkan lima gelar bagi Manchester City. Dia meraih dua trofi Premier League (2011-2012, 2013-2014), Piala Liga Inggris (2013-2014 dan 2015-2016), serta FA Community Shield 2012. (BC)

BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: