Catatan Kecil Untuk OD-SK, Belajar Dari Politik Pembangunan Ala Rezim Soeharto

Taufik Manuel Tumbelaka/(foto:ist)

Soeharto atau biasa di sapa Pak Harto sebagai Presiden Republik Indonesia melakukan 2 kebijakan utama dalam masa pemerintahannya, yaitu diawal-awal rezim berkuasa melakukan konsolidasi sosial dan politik dalam upaya memperoleh kestabilan Nasional dibidang keamanan dan dilanjutkan dengan kebijakan Pembangunan Nasional dengan berbasis pertumbuhan ekonomi terkonsentrasi.

Pada saat diawal kebijakan Politik Pembangunan Rezim Soeharto mulai dijalankan, sejumlah akademisi dengan pentolannya Profesor Mubyarto, seorang Guru Besar dari Universitas Gadjah Mada - UGM, Jogyakarta, menunjukan sikap ketidaksetujuannya. Dalilnya adalah akan terjadi kesenjangan sosial, ekonomi dan pembangunan. Prof. Mubyarto lebih setuju jika konsep besar Politik Pembangunan berdasarkan Pemerataan atau Pembangunan Ekonomi Kerakyatan.

Waktu berjalan dan sejarah mencatat, Pak Harto dan rezim mengabaikan alur berfikir Sang Profesor tersebut. Beberapa dekade kemudian hasil Politik Pembanganan ala Rezim Soeharto mulai terasa, DKI Jakarta khususnya dan Pulau Jawa pada umumnya menjadi 'penuh sesak' dengan berbagai program pembanguan yang mentereng. 

Dampak sosial ekonomi dan juga dampak sosial politik bagi Indonesia akhirnya tergambar, tampak jelas kesenjangan bukan hanya Jakarta- luar Jakarta tapi juga Jawa - luar Jawa. Akibat lain juga muncul kesenjangan kesejahteraan antara yang Si Kaya dan yang disebut (maaf) si M alias si Miskin terpisah dengan "jurang besar dan dalam".

Sulawesi Utara di era OD-SK, nampak ada sejumlah upaya menggenjot pembangunan dilakukan, seperti percepatan Jalan Bebas Hambatan Manado -  Minut - Bitung dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, juga ada pembanguan Bendungan Kuwil-Kawangkoan di Kalawat, Minut. 

Selain ini konon akan ada lagi rencana KEK Pariwisata dengan pusat di pesisir Likupang - Minut dan terakhir ada rencana pembanguan Bandar Udara Internasional di Pulau Lembeh  - Kota Bitung plus tentunya pembangunan jembatan Bitung - Pulau Lembeh. Diluar itu tentu masih ada lagi sejumlah rencana besar, seperti yang telah tersiar kabar.

Jika diperhatikan nampaknya akan ada fokus sejumlah mega proyek di wilayah Sulawesi Utara   di satu zona kawasan, yaitu Manado, Minut dan Bitung. Ini menjadi menarik karena tentu sudah ada kajian dari Pemerintah Propinsi Sulut. Namun dengan adanya rencana besar ini tentu akan muncul pertanyaan bagaimana dengan daerah lain seperti Minsel, Mitra dan juga wilayah zona Bolmong Raya serta Zona Nusa Utara ?. 

Tentu perlu penjelasan khusus dari Pemprop Sulut secara gamblang terkait kebijakan pembangunan daerah yang diambil karena ini menyangkut Politik Pembangunan yang akan dilakukan dan apa yang akan dilakukan saat ini akan berdampak luas dimana hal ini akan dirasakan sekitar 2 dekade kedepan dimana OD-SK sudah tidak menjadi Pemimpin di Sulut.

Jika kita mau belajar apa akibat dari kebijakan Politik Pembangunan ala Rezim Soeharto, seyogyanya kita dapat jeli melihat bagaimana Presiden Joko Widodo "terpaksa" harus mati-matian membangun dengan biaya konon sangat besar di banyak wilayah seperti di Papua, perbatasan Kalimantan dan pembangunan sejumlah mega proyek dihampir seluruh pelosok Indonesia sebagai upaya mewujudkan Politik Pembangunan yang merata guna menutup 'dosa besar' Rezim Soeharto yang dianggap ceroboh dalam menetapkan strategi Politik Pembangunan. 

Semoga hal ini dapat dicerna oleh para pemikir di Sulut yang membantu OD-SK dalam menentukan pengambilan kebijakan Politik Pembangunan agar tidak terjebak pola kebijakan ala Rezim Soeharto.  Belum terlambat untuk mengevaluasi demi pemerataan pembangunan di Sulawesi Utara.

Penulis : Taufik Manuel Tumbelaka

COMMENTS

Name

advetorial,73,artikel,3,balap,18,basket,4,berita utama,141,berita-utama,1239,beritautama,77,bitung,318,bolaang-mongondow,86,bolaang-mongondow-selatan,17,bolaang-mongondow-timur,50,bolaang-mongondow-utara,30,budaya,7,bulutangkis,35,Dunia Militer,4,ekonomi-bisnis,309,entertainment,203,gallery,47,gaya-hidup,45,Headline,23,hukum-kriminal,420,internasional,152,kesehatan,45,kotamobagu,60,manado,931,merciful-bisnis,4,minahasa,120,Minahasa selatan,22,minahasa-selatan,189,minahasa-tenggara,32,minahasa-utara,63,Minsel,40,nasional,633,Nusa Utara,5,olahraga,347,Opini,1,pariwisata,72,pemerintahan-politik,1381,pendidikan,97,religius,120,sangihe,44,sepakbola,207,sitaro,25,sulut,125,talaud,19,tekno,12,tenis,4,tinju,6,tomohon,100,tutorial-web,18,video,22,
ltr
item
FokusManado.Com : Tercepat Dalam Informasi: Catatan Kecil Untuk OD-SK, Belajar Dari Politik Pembangunan Ala Rezim Soeharto
Catatan Kecil Untuk OD-SK, Belajar Dari Politik Pembangunan Ala Rezim Soeharto
Catatan Kecil Untuk OD-SK, Belajar Dari Politik Pembangunan Ala Rezim Soeharto
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhpzickXxMuvtXFDhuSQBDkw7uqaEMuI0tfWMYTmyB37xQQHpezXbidAlDqx0e5aa5k4fB_HIiFSDVtI2YzA1-vIZvod34s6QRVIa9A-YjgpugNUrk21j51QJ8tPRitQqt3uW6LXOX6DXKz/s320/taufik-tumbelaka.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhpzickXxMuvtXFDhuSQBDkw7uqaEMuI0tfWMYTmyB37xQQHpezXbidAlDqx0e5aa5k4fB_HIiFSDVtI2YzA1-vIZvod34s6QRVIa9A-YjgpugNUrk21j51QJ8tPRitQqt3uW6LXOX6DXKz/s72-c/taufik-tumbelaka.jpeg
FokusManado.Com : Tercepat Dalam Informasi
http://www.fokusmanado.com/2017/10/catatan-kecil-untuk-od-sk-belajar-dari.html
http://www.fokusmanado.com/
http://www.fokusmanado.com/
http://www.fokusmanado.com/2017/10/catatan-kecil-untuk-od-sk-belajar-dari.html
true
2964614751945099129
UTF-8
Tidak ada sambungan Tidak ditemukan tulisan apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balasan Cancel reply Delete PENULIS Home HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA DIREKOMENDASIKAN UNTUKMU LABEL ARCHIVE SEARCH SEMUA POS Tidak ditemukan pos apa pun dengan permintaan Anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy