December 29, 2017

Pertama di Sulut, Bursa Inovasi Desa digelar di Boltim

Sehan Landjar saat membuka Kegiatan Bursa Inovasi

Boltim – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sehan Landjar SH, membuka secara resmi kegiatan Bursa Inovasi Desa bertempat di Aula Kantor Bupati Boltim, Rabu (27/12).

Dalam sambutannya Eyang (Sapaan akrab Bupati) mengatakan belum mumpuninya pengelolaan dana desa membuat Kementerian Desa, Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri melakukan reform, perbaikan, penyesuaian dalam banyak hal dengan menciptakan terobosan yang melahirkan inovasi desa. 

“Ini terobosan luar biasa. Ini menandakan pemerintah Indonesia menyadari bahwa kunci keberhasilan pembangunan ada pada kepala desa, BPD dan masayarakat desa itu sendiri,” terang Bupati. 

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Boltim, Kisman Paputungan menambahkan, gelaran Bursa Inovasi Desa ini diikuti ratusan peserta yaitu para Sangadi, ketua BPD, ketua LPM, Tim Pelaksana Inovasi Desa, Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), Tenaga Pendamping Profesional P3MD serta Pendamping Lokal Desa P3MD se kabupaten Boltim. 

“Bursa Inovasi Desa ini bertujuan untuk peningkatan kapasitas dan kualitas pelayanan dan pengelolaan program,” ujarnya. 

Sementara Koordinator TPID Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Ismail Gama SHi mengaku bangga Bursa Inovasi Desa bisa diselenggarakan di Sulawesi Utara dan di mulai dari Kabupaten Boltim. 

"Tema tahun ini adalah percepatan. Melalui bursa inovasi desa, inovasi-inovasi yang ada diharapkan dapat diterapkan di desa masing-masing tentunya setelah ini Kepala Desa, BPD, LPM, harus kembali ke desa dan bermusyawarah lagi dengan masyarakat di desa menyampaikan hasil yang didapatkan di Bursa Inovasi Desa," ucapnya.

Tampak hadir Wakil Bupati Boltim Drs Rusdi Gumalangit, Sejumlah Anggota DPRD yang dipimpin langsung Ketua DPRD Boltim Drs Marsaoleh Mamonto, serta pimpinan perangkat daerah di lingkup pemkab Boltim. (Ayax Vay)

BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: