August 10, 2018

Kesigapan SAR Minsel Terlihat Saat Mengevakuasi 2 Korban Kebakaran




Minsel - Personel Basarnas Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), dengan tak hitung tiga setelah menerimah informasi dari masyarakat tentang peristiwa kebakaran langsung menuju di Tempat Kejadian Perkara (TKP). 

Mendengar informasi ada warga yang terjebak dalam gedung secepat kilat Tim SAR langsung mengambil tindakan penyelamatan, dan akhirnya mereka dapat menyelamatkan semua yang terjebak di dalam gedung berlantai dua yang sedang mengalami kebakaran.

Hal ini terlihat ketika Kepala Badan SAR Nasional Kabupaten Minahasa Selatan Letda. Steven Lumowa S.IP, memimpin langsung dalam pelaksanaan simulasi terkait cara mengevakuasi korban Kebakaran salah satu Ruko berlantai dua.
Dalam atraksi yang  dilaksanakan di Kantor Basarnas Amurang (10/8/2018).

Para personel terlihat begitu profesional dan cekatan dalam melakukan simulasi tersebut,
saat simulasi korban Kebakaran bangunan berlantai dua itu, terlihat regu penolong dari Basarnas dapat menyelamatkan semua korban yang terjebak di dalam ruangan gedung berlantai dua yang sedang terbakar, dan mereka melakukan itu dengan secara profesional, meski itu hanya simulasi atau latihan.

Kepala Basarnas Kabupaten Minsel, Letda Sar. Steven Lumowa SIP, mengatakan pihaknya berterimah kasih kepada segenap anggota Basarnas  atas terjalinnya kerja sama yang baik sehingga terwujudnya latihan tersebut.

"Dengan latihan ini, semoga kita siap dan sigap saat bencana datang, tentu kita berharap agar negara kita selalu diajuhkan dari segala bencana," kata Lumowa.

"Inilah fungsi latihan yang kita lakukan hari ini, untuk meningkatkan kemampuan SAR sekaligus mensosialisasikan ke masyarakat, dan pelatihan ini juga adalah untuk meningkatkan kemampuan para peserta terutama yang terkait dengan bencana dan juga saling berbagi sebagai sarana untuk mengasah, dan meningkatkan kemampuan, Vertikal Rescue yang kita laksankan," tambahnya.

Diketahui latihan ini rutin setiap minggu ada beberapa kali dalam sebulan yang kita lakukan, latihan Basa (Pratek), dan latihan Kering (dalam Ruangan). (Suharto Kembuan)

BAGIKAN KE:

0 komentar: