Dinas PMD Gelar Pelatihan Bantuan Hukum dan Paralegal di Desa Wakan



Foto: Prangkat Desa Wakan Bersama Dinas PMD, Kejari dan Polres Minsel
                                                                                                                         

MINSEL, FokusManado.Com-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) bekerja sama dengan Polres dan Kejari Minsel, melakukan program Bantuan Hukum dan Paralegal desa, di Desa Wakan kamis (19/12/2019).


Kepala Dinas PMD Minsel Hendrie Lumapow SH,  mengatakan bahwa kegiatan pelatihan paralegal tersebut, digelar secara bergilir disemua desa yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan.

Lumapow mengatakan bahwa salah satu alasan dilakukannya kegiatan pembinaan terhadap desa mengenai pengelolaan keuangan desa, baik Dandes maupun ADD, karena banyaknya masukan dalam pengawasan pengelolaan keuangan desa.


“Kita melakukan upaya preventif atau pencegahan penyalah-gunaan keuangan desa, dengan menggandeng pihak Polres Minsel dan Kejari Minsel, untuk membekali masyarakat, perangkat desa dan lembaga desa, untuk fungsi pengawasan adalah sangat penting” kata Kadis Lumapow.

Ia menyampaikan selama ini pemahaman mengenai pengelolaan keuangan desa baru terbatas kepada aparat desa saja, maka dengan adanya sosialisasi bantuan hukum dan paralegal desa, dimana sasarannya tokoh masyarakat dan aparat desa, dengan harapan masyarakat akan memiliki kemampuan untuk mengawal dan mengawasi pengelolaan keuangan desa.

Kapolres Minahasa Selatan AKBP F.X Winardi Prabowo SIK yang di wakili oleh Kanit Tipikor Bripka. Steven Rumangkang, tampil sebagai pembawa materi dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa saat ini masyarakat harus memiliki pengetahuan masalah hukum, khususnya paralegal desa.

“Pelatihan paralegal desa ini memang sangat diperlukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, tokoh masyarakat, aparat desa, dalam rangka menyelesaikan masalah hukum didesa, tanpa melalui jalur pengadilan, dan juga memberikan pembinaan kemasyarakatan dan desa,” kata Kanit Tipikor.

Sementara itu Kejari Minahasa Selatan I Wayan Eka Miartha SH.MH, yang di wakili oleh Reza, mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan sosialisasi semacam ini diharapkan dapat meminimalisir potensi-potensi penyalah-gunaan dana desa, dan dapat menguatkan peran masyarakat dalam pengawasan pengelolaan keuangan desa.

"Dalam penyampaian, pengelolaan dana desa yang diberi oleh pemerintah yang mencapai 1 M perdesa apabila tidak dikelola dengan baik maka pembangunan tidak akan berlangsung dengan baik."Ucapnya.

Sementara itu Hukum Tua desa wakan  Lexi Rembet, Dalam kesempatan ini turut berterimakasih dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

" Terimakasih kepada Dinas PMD Minsel serta  Pihak Kepolisian dan Kajari Minsel yang telah membawakan materi. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini Masyarakat lebih paham terkait fungsi pengawasan dan pemahaman dalam pengelolaan keuangan yang ada di desa. Mari kita selalu semangat dalam membangun desa," Ucap Rembet.
 (Ato)


COMMENTS

Name

advetorial,73,artikel,3,balap,17,basket,4,berita utama,60,berita-utama,1161,beritautama,19,bitung,311,bolaang-mongondow,85,bolaang-mongondow-selatan,15,bolaang-mongondow-timur,49,bolaang-mongondow-utara,29,budaya,3,bulutangkis,35,Dunia Militer,2,ekonomi-bisnis,296,entertainment,198,gallery,46,gaya-hidup,44,Headline,14,hukum-kriminal,410,internasional,152,kesehatan,42,kotamobagu,60,manado,920,merciful-bisnis,3,minahasa,117,Minahasa selatan,13,minahasa-selatan,177,minahasa-tenggara,30,minahasa-utara,59,Minsel,34,nasional,628,Nusa Utara,1,olahraga,345,Opini,1,pariwisata,69,pemerintahan-politik,1307,pendidikan,91,religius,111,sangihe,44,sepakbola,207,sitaro,25,sulut,121,talaud,19,tekno,12,tenis,4,tinju,6,tomohon,100,tutorial-web,18,video,23,
ltr
item
FokusManado.Com : Tercepat Dalam Informasi: Dinas PMD Gelar Pelatihan Bantuan Hukum dan Paralegal di Desa Wakan
Dinas PMD Gelar Pelatihan Bantuan Hukum dan Paralegal di Desa Wakan
https://1.bp.blogspot.com/-yR2jTQNr0uc/XfxirC7GT3I/AAAAAAAABcs/EmeDlca4AjAIcVZmDja3heJpaVh6XTxtACLcBGAsYHQ/s320/IMG20191219131600.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-yR2jTQNr0uc/XfxirC7GT3I/AAAAAAAABcs/EmeDlca4AjAIcVZmDja3heJpaVh6XTxtACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG20191219131600.jpg
FokusManado.Com : Tercepat Dalam Informasi
http://www.fokusmanado.com/2019/12/dinas-pmd-gelar-pelatihan-bantuan-hukum.html
http://www.fokusmanado.com/
http://www.fokusmanado.com/
http://www.fokusmanado.com/2019/12/dinas-pmd-gelar-pelatihan-bantuan-hukum.html
true
2964614751945099129
UTF-8
Tidak ada sambungan Tidak ditemukan tulisan apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balasan Cancel reply Delete PENULIS Home HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA DIREKOMENDASIKAN UNTUKMU LABEL ARCHIVE SEARCH SEMUA POS Tidak ditemukan pos apa pun dengan permintaan Anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy