Turnamen Catur Terbuka se-Kecamatan Mapanget oleh PKB GMIM "Pinaesaan" GPI Resmi Dibuka Tiga Kepala Daerah di Sulut


SULUT, FokusManado.com - Turnamen Catur Terbuka Se-Wilayah Kecamatan Mapanget, yang diselenggarakan di Aula Perjuangan (depan patung Ir. Soekarno) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) pada hari ini, sabtu 3 september 2022 hingga besok hari minggu 4 september 2022 secara resmi dibuka oleh 3 kepala daerah di Sulawesi Utara yaitu Pemerintah  Kabupaten (Pemkab) Minut Joune Ganda, Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung Maurits Mantir dan Pemkot Manado Andrei Angouw.

Mewakili Panitia Pelaksana Pria Kaum Bapa (P/KB) Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) "Pinaesaan" Griya Paniki Indah yang juga sebagai Ketua PKB GMIM Wilayah Mapanget III Penatua Reza Rumambi dalam sambutan mengatakan, rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa (TYME) yang sudah memberikan kesempatan untuk bertatap muka dan saling mengenal satu sama lain.

"Kami bersyukur dan memberikan penghormatan kepada Pemerintah  Kabupaten (Pemkab) Minut Joune Ganda, Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung Maurits Mantir dan Pemkot Manado Andrei Angouw yang sudah memberi waktu untuk hadir dalam kegiatan," kata Rumambi yang juga menjabat Sekretaris Pria Kaum Bapa (P/KB) Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM).

Ia menuturkan, lomba catur yang dilaksanakan dalam rangka Hari Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 dan merupakan program P/KB wilayah Mapanget III, program P/KB Pinaesaan yang bekerja sama dengan pemerintah Kecamatan Mapanget. 

"Pelaksanaan perlombaan catur ini sebenarnya kami batasi hanya di wilayah Mapanget. Nanti setelah itu akan melebar. Harapannya dengan kegiatan ini torang musti baku kenal, membuat akan semakin akrab sebagai warga Mapanget karena semakin hari semakin terkikis semangat kebangsaan, karena ada pihak-pihak yang ingin mencoba-coba menganggu keamanan, ketertiban, kenyamanan dan hidup kita bersama sebagai satu wilayah, satu kota Manado, satu provinsi," tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Bitung Maurits Mantiri mengatakan, olahraga catur adalah olahraga otak, karena adalah olah raga otak maka harus meningkatkan potensi atau skil dari P/KB Sinode GMIM. Ini adalah kerja kita.

"Maka dari itu setiap rapat dengan komisi-komisi dan pokja P/KB Sinode GMIM dan ketua P/KB untuk lebih giat kerja-kerja meningkatkan potensi kita. Olahraga  catur adalah olahraga otak ini menjadi dasar utama, karena olah raga ini mengajarkan untuk bisa membaca kemampuan lawan, untuk bisa melatih otak untuk bisa tidak menjadi pelupa di kemudian hari dan analisis menjadi kuat," kata Mantiri yang juga Ketua P/KB Sinode GMIM.

Ia menambahkan, kalau inside bagus dan didukung dengan analisis yang bagus maka akan mencapai tujuan yang diharapkan.

"Karena itu, ketika Sekretaris P/KB GMIM Penatua Reza Rumambi akan membuat kegiatan catur kami akan selalu mendukung karena cikal bakal mengasah skil yang bisa disebut know out dan knowledge perpaduan antara kedua ini akan meningkatkan kecerdasan. Kecerdasan ini akan menjadi harapan kita, walaupun tingkat pendidikan kita belum mencapai secara formil apa namanya  level-level sarjana tapi paling tidak orang menilai mempunyai kecerdasan," tambah Mantiri.

Lebih lanjut, kecerdasan harus diasah maka ada berbagai bidang olahraga bakal menjadi konsentrasi dari P/KB Sinode GMIM yakni bridge, catur dan e-sport untuk anak muda. Bagian ini notabene musti ditampilkan. 

"Saya lihat di Sakobar main catur, main bridge, main domino sudah di lokasi gereja mereka di kegiatan malam hari, kita kan kurang berjumpa. Kaum bapak ini nanti baku dapa di ibadah kaum bapa dalam keseharian mereka kurang berjumpa maka jadikanlah gereja sebagai tempat kita berjumpa kemudian kita membahas hal positif, kalau gereja di jadikan pusat pertemuan maka segala sesuatu bisa lakukan dengan baik," lanjutnya.

"Kita tidak menjadi orang asing dimana gereja kita tempat memuja dan memuliakan Tuhan secara spesifik, walaupun dimana saja kita bisa memuja dan memuliakan Tuhan, tapi gereja sebagai simbol untuk tanamkan kegiatan ini dan ini bukan pekerjaan mudah dan memang enak diucapkan tapi sulit diterapkan. Orang catur mempunyai ilmu strategi, bukan cuma strategi membaca tapi strategi membuat program yang hebat," tandasnya.

Sementara itu, Bupati Minut mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Komisi P/KB Sinode GMIM khususnya se-Wilayah Mapanget yang mengadakan kegiatan catur dan dirancang  untuk menggali potensi terutama cara berpikir dan skill sekaligus menyalurkan hobi.

"Saya lihat pemain-pemain ini ada unsur hobi, dan diharapkan chess open tournament ini bisa menyalurkan hobi dari bapak-bapak dan saya lihat juga ada peserta  diluar wilayah kaum bapa GMIM, maka ini juga merupakan salah satu wadah untuk saling bersilaturahmi, bertegur sapa dan menjalin persaudaraan sekaligus dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-77 dengan tema 'pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat'," kata Joune Ganda.

Ia pun berharap, kegiatan ini bisa berlangsung periodik sehingga yang mulanya berasal dari hobi, kemampuan mengasah cara berpikir dan strategi dari permainan catur ini akan juga makin bertambah hingga menjadi atlit-atlit catur handal.

"Saya berharap kegiatan ini akan berkelanjutan, bahkan bisa menciptakan atlit-atlit catur yang handal sehingga membawa harum Sulut juga sampai ke tingkat nasional," tutup Joune.

Hal senada pun diungkap Wali Kota Manado Andrei Angouw. Ia mengatakan, Pemkot Manado memberikan apresiasi lomba catur dan berharap kegiatan ini bisa mempererat hubungan. 

"Para peserta yang saya lihat bukan dari Kristen atau golongan GMIM saja tetapi ada dari agama lain, ini sangat bagus. Saya selalu ingat bapak Ketua Sinode GMIM mengatakan di setiap sambutan bahwa GMIM itu inklusif bukan eksklusif jadi GMIM itu bukan saja GMIM dan GMIM. Tapi, GMIM itu keluar berteman dengan semua masyarakat dan itu tercermin dari P/KB wilayah Mapanget," kata Angouw.

"Terimakasih kepada seluruh P/KB, Bupati Minut, Wali Kota Bitung, seluruh pengurus P/KB baik sinode dan wilayah Mapanget. Selamat  bertanding dan semoga pertandingan ini bukan memisahkan justru pertandingan ini mempererat hubungan," tutup Angouw yang juga Bendahara PDI-P Sulut. 


*/Wirabuana

COMMENTS

Name

advetorial,73,artikel,3,balap,17,basket,4,berita utama,123,berita-utama,1221,beritautama,68,bitung,317,bolaang-mongondow,86,bolaang-mongondow-selatan,17,bolaang-mongondow-timur,50,bolaang-mongondow-utara,30,budaya,7,bulutangkis,35,Dunia Militer,4,ekonomi-bisnis,307,entertainment,202,gallery,47,gaya-hidup,45,Headline,20,hukum-kriminal,417,internasional,152,kesehatan,44,kotamobagu,60,manado,927,merciful-bisnis,4,minahasa,120,Minahasa selatan,22,minahasa-selatan,189,minahasa-tenggara,32,minahasa-utara,63,Minsel,40,nasional,634,Nusa Utara,5,olahraga,347,Opini,1,pariwisata,72,pemerintahan-politik,1367,pendidikan,95,religius,119,sangihe,44,sepakbola,207,sitaro,25,sulut,125,talaud,19,tekno,12,tenis,4,tinju,6,tomohon,100,tutorial-web,18,video,22,
ltr
item
FokusManado.Com : Tercepat Dalam Informasi: Turnamen Catur Terbuka se-Kecamatan Mapanget oleh PKB GMIM "Pinaesaan" GPI Resmi Dibuka Tiga Kepala Daerah di Sulut
Turnamen Catur Terbuka se-Kecamatan Mapanget oleh PKB GMIM "Pinaesaan" GPI Resmi Dibuka Tiga Kepala Daerah di Sulut
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg1IPaUdxDi_QELK0yPe2T90ECpOiR1MEeYnfaUSNmAJS6Njbe0g6ziLHadDbQzxqPOG28EdUGsNz_AmrKcOXeIuANP6eQbK6d5e3WSIb_BBb0oOz5x_g1kMU8q8FQ-Kzbm3P-KUilGvyImh4bWD_cyE9u4HUlTz8Ktz1dLfsr_silskEj2IHl5dNg/s320/IMG-20220903-WA0066.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg1IPaUdxDi_QELK0yPe2T90ECpOiR1MEeYnfaUSNmAJS6Njbe0g6ziLHadDbQzxqPOG28EdUGsNz_AmrKcOXeIuANP6eQbK6d5e3WSIb_BBb0oOz5x_g1kMU8q8FQ-Kzbm3P-KUilGvyImh4bWD_cyE9u4HUlTz8Ktz1dLfsr_silskEj2IHl5dNg/s72-c/IMG-20220903-WA0066.jpg
FokusManado.Com : Tercepat Dalam Informasi
http://www.fokusmanado.com/2022/09/turnamen-catur-terbuka-se-kecamatan.html
http://www.fokusmanado.com/
http://www.fokusmanado.com/
http://www.fokusmanado.com/2022/09/turnamen-catur-terbuka-se-kecamatan.html
true
2964614751945099129
UTF-8
Tidak ada sambungan Tidak ditemukan tulisan apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balasan Cancel reply Delete PENULIS Home HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA DIREKOMENDASIKAN UNTUKMU LABEL ARCHIVE SEARCH SEMUA POS Tidak ditemukan pos apa pun dengan permintaan Anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy